Minggu, 01 Maret 2020

Luka untuk Bahagia


Katanya usiamu bertambah
Pagi itu, untukmu berdua
Banyak orang culametan
Sebagian lainnya selamatan
Ada juga yang umbar senyuman

Menginjak belasan,  atau puluhankah?
Apapun itu, kusematkan bahagia padamu
Atas luka ibumu mengandung
Melahirkan, membesarkan
Hingga kini ulasan senyum merekah

Berapapun usiamu, kubangga padamu
Sebab banyak rasa yang telah dirasa
Banyak orang yang telah disapa
Banyak kenangan yang diraba
Dengan cinta dan kecewa

Tuan dan Puan
Tapi tugas kita belum tuntas
Karena belajar itu sepanjang hayat
Sedang memberi tak menunggu kaya
Dan membahagiakan ia yang terkasih

Oh iya, benar
Kadang ada risau yang melingkar
Kadang pengalaman jadi pedoman
Terlalu dini untuk bijak
Begitu tua untuk tidak melangkah

Tak apa
Ada kalanya dirasa serba salah
Tapi setakat demi setakat saja
Juga tolong setialah pada dirimu
Karena hidupmu untukmu


Oleh Lydia Kusdyanti Iasya
Bukit Damar, 1 Maret 2020

Kamis, 20 Februari 2020

BROKEN HEART POEM

EVERY PERSON HAS THEIR OWN STORY OF BROKEN HEART.....SO DO I


I CANNOT CRY IN FRONT OF YOU, BUT I CAN EXPRESS MY FEELINGS THROUGH THESE POEM OF MINE.

KUPIKIR...NYATANYA...BODOHNYA...
.
Kupikir itu bencana-Nya
Nyatanya itu rencana-Nya
Bodohnya aku meratapinya
.
Kupikir survive saja cukup
Nyatanya aku tertelungkup
Bodohnya aku dalam hidup
.
Kupikir dunia ini runtuh
Nyatanya aku yang terjatuh
Bodohnya aku bisa terbunuh 
.
Kupikir disitu teduhnya pohon
Nyatanya aku yang memohon
Bodohnya aku yang berpaling konon
.
Lydia Kusdyanti Iasya
Bukit Damar, 7 September 2019

TERIMA KASIH

Makasih ya
Sudah menghilangkan raguku
Dulu aku ragu
Antara bertahan atau meninggalkan
Antara tetap berjuang atau berhenti berjuang
Antara beneran sayang atau sayang kalau udahan
Antara sudah lama kenal dan sudah lama kesal
Antara kamu segalanya dan aku yang utama
Antara prioritas dan realitas
Tapi berkat kamu
Aku jadi makin yakin
Raguku kamu netralisir
Dilemaku kamu hilangkan
Gundahku kamu matikan
Yakin untuk meninggalkan, berhenti berjuang, berlindung dari alasan fana

HILANG
.
Aku percaya, sedewasa apapun orangnya, berapapun usianya, apapun yang hilang, yang namanya kehilangan selalu menjadi hal dengan kategori yang sejujurnya tidak menyenangkan. 
.
Terhadap barang-barang yang bersembunyi, tempat-tempat yang tak lagi disinggahi, orang-orang yang tak lagi ditemui, ingatan yang tak tergali, kemampuan yang tak lagi mumpuni, aku ucapkan kata maaf dan terima kasih. 
.
Semua ada hikmahnya? Tentu. 
Belajar ikhlas, belajar untuk lebih was2, belajar untuk melepas setelah sebelumnya ada pikiran yang berkecamuk dan hati yang rasanya diaduk.
.
Yang hilang akan terganti, yang pergi akan kembali, yang terluka akan terobati. Ntah dengan waktu atau dengan sendirinya. 
.
Melupa bukan obatnya. Menyalahkan diri sendiri, apalagi. Tenang, kamu tidak sendiri. Setidaknya dalam podcast ini, kuberitahu kamu bahwa kita, sama. 

SEDARI AWAL

Sedari awal, bukan masa depan yang ia tawarkan
Tapi keraguan dan kebimbangan
Pun di tengah perjalanan
Ia lebih memilih hidup berasingan
Dengan pemikiran yang berlainan
Hingga pada akhir penantian
Ia benar-benar meninggalkan
Yang ditinggalkan, tentu merasa kehilangan 
Kalimat klasik mengatakan 
Semua kini tinggal kenangan 
Jelas termasuk hal yang berkesan
Tapi bukan untuk dijajaki hingga ke masa depan
Bukan salah waktu, kamu, aku, atau tentang kesiapan
Melainkan apa yang tak ditakdirkan tak boleh dipaksakan 



                     LUPA

Kau bilang nanti
Nanti lagi
Sebentar, honey
                                    Sementara kuterabas semua waktu
                                    Kuiisi dengan bulir kesibukan
                                    Kulepaskan minatku bertubi-tubi
Lalu kulupa 
Daftar panjang kewajiban merengek sejak tadi
Lalu akhirnya menghilang setelah berangsur pergi
                                    Kutersentak bangun
                                    Namun mesiu itu duluan menohok
                                    Lagi merantai dua kaki-tangan

Simpang Kanan,
21 April 2019
11.00 WIB

                       
   BENALU 

Aku mencintaimu dengan sangat
Namun kau memberiku sengat
Aku selalu memberimu semangat
Tapi yang kau beri hanya keringat
Aku menginginkanmu seutuhnya
Namun kau mengingatku sebutuhnya
Aku tak pernah mengemis
Namun kau buat ku menangis
Aku liar berhalu, Namun kau berlalu
Aku tak bosan mengadu
Tapi yang kau lakukan hanya diam membisu
Jemu, katamu, lidahmu kelu
Kalimat cinta jadi keju, diam jadi benalu, perlahan membunuhku
Tapi jangan datangi aku, sendu
Karena nanti ia sembuh oleh waktu


        

MR. ASQA'S POEM

             

              Pada postingan blog kali ini, saya berkesempatan untuk membagikan mahakarya puisi rekan saya  yang kerap dipanggil Mr. Asqa yang saya kenal pertama kali sebagai sesama Duta Baca Provinsi Riau 2018 dan dosen Bahasa Inggris di kampus Smart Fast Global Education. Bernama lengkap Muhammad Asqalani eNeSTe. Kelahiran 25 Mei 1988. Suka memakai baju-baju unik. Menulis sejak 2006. Mengajar puisi di Asqa Imagination School (AIS). Mengajar Bahasa Inggris, Esperanto, Spanyol, Francis dan Jerman. Cita-cintanya *Menjadi Diri Sendiri*. Pendiri Community Pena Terbang (COMPETER). IG: @muhammadasqalanie. 

              Berikut beberapa karya puisi terbaik Mr. Asqa :


Y

matahari terbit - matahari tenggelam. Y berenang dalam perut ikan, airmatanya amis tak berkesudahan.

Rumah No. A13 - 2020

Duhai Korupsi

duhai korupsi
yang menjadikan hati besi

keluarlah membabibabi
dari semak yang bukan diri

kami tak ingin jadi pekebun
yang menanam mata gelimbun

kami tak ingin jadi penenun
yang menanam mati tak timbun

2013

Mengukur Kereta Kebajikan


sejak ia tepat mengukur kereta kebajikan yang memuat puisi,
ia terus meloncat, satu diri ke diri lain dalam keajaiban imaji 
ia melukis sejarah: menjelma arca katakata. 
didaftar ulangnya menu hidangan ibunya. 
setiap orang menjilat dengan lapar selera. 
makanan jiwa yang sempurna.
ia terus belajar tentang ketepatan kereta kebajikan, 
meski ia sadar dirinya tak pernah sesempurna bundar bulan 
di hati Tuhan tengah malam.

2014
Bonus : Foto kami berdua :D



Jumat, 30 Agustus 2019

MENYULAM MENGAJARKAN SAYA UNTUK.....



Halo semuanya! Assalamualaikum...

 Di tahun 2019 ini, Lydia punya hobi baru yang sebenarnya udah lamaaa kepengen banget untuk dilakuin tapi baru kesampaian sekarang. Yup! Menyulam. It sounds rustic, vintage, retro, doesn’t it? Sounds weird too because usually it has been done by elder people, wkwkwk. Well... I don’t care. Some people said it is useless, but as long as it is something that makes you happy, DO WHAT YOU GOTTA DO. For me, menyulam mengajarkan Lydia untuk...

§    Sekali niat terpatri, laksanakan, lalu bersabarlah!







Huhu, ngga kebayang udah berapa lama ngerjainnya. Berhari-hari. Ngga terhitung juga berapa kali benangnya kusut dan mengikhlaskan diri untuk kembali ke awal dan harus mulai ulang lagi, berapa kali jarumnya salah masuk lubang, berapa kali bongkar karena warnanya ngga pas. Riweuh tapi seruuu...! duh pas udah kelar tu kok rasanya pengen buat lagi dan lagi~ Inikah yang namanya cinta ? hahaha. Menyulam, artinya harus punya stok sabar yang buanyak. Ngelatih untuk selalu menambal hati yang mencelos tiap ada rintangan, pantang mundur dan harus setrong untuk ngelawan rasa malas yang seringkali hinggap dan berujung kemageran akut, wkwkwk. Ibarat pelaut, sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai. Kalo udah diniatin, lakuin, konsisten, jangan nyerah walau badai mager itu datang. Pokoknya...menyulam wajib dicoba bagi kamu yang suka tantangan!

§    Mampu beradaptasi

 Dalam proses menyulam,  meskipun ada panduan/guidance-nya, terkadang dalam pengaplikasinnya itu kurang pas. Misalnya jaraknya terlalu dekat, bidangnya kurang lebar, warnanya ngga cocok, terlalu rame, dan masih banyak lagi. Kalau sudah begini, yang dituntut dari penyulam adalah kelihaian untuk beradaptasi, mampu menyesuaikan dengan kenyataan yang ada. Widiiiih ngeri udah bahasanya. Wkwkwk. Maksudnya tuu yhaa kita harus bisa modifikasi sendiri asalkan masih indah dipandang mata. Penambahan dan pengurangan dalam hasil sulaman menjadi hal yang dapat dilakukan demi kreativitas tanpa batas.






     Belajar sabar, kerja keras, dan mampu beradaptasi. Itu dia hal-hal yang menurut Lydia bisa kita jadikan pelajaran dari menyulam. Selamat mencoba! :)

10 MOTIVATIONAL QUOTES


     
AS A PERSON WHOSE LOVE LANGUAGE IS WORD AFFIRMATION, I AM REALLY TOUCHED EMOTIONALLY BY WORDS. GOOD WORDS, INSPIRING WORDS ARE IMPACT ME A LOT TO GROW, ACHIEVE, AND ERASE MY SORROWS. HERE ARE SOME OF MOTIVATIONAL QUOTES THAT I HOPE THEY HELP YOU TOO :)

1. "GOING EXTRA MILES"
(LAKUKAN USAHA LEBIH DARIPADA RATA-RATA ORANG)
–NEGERI 5 MENARA-

2. "IF YOU DREAM, DON’T HESITATE"
(KALAU MIMPI, JANGAN NANGGUNG-NANGGUNG)
-NAJWA SHIHAB-

3. "I KNOW IT IS TOUGH, BUT WE JUST CAN’T GIVE UP"
(KUTAHU INI BERAT, TAPI KITA TIDAK BOLEH MENYERAH BEGITU SAJA)
-WILL  SMITH-

4. "WHAT DOESN’T KILL YOU MAKES YOU STRONGER"
(APA YANG TIDAK SAMPAI MEMBUNUHMU, MEMBUATMU LEBIH KUAT)
-KELLY CLARKSON-

5. "DON’T LOVE TOO SOON, DON’T TRUST TOO FAST, DON’T EXPECT TOO HIGH, DON’T TALK TOO MUCH"
(JANGAN TERLALU CEPAT JATUH CINTA, JANGAN MUDAH PERCAYA, JANGAN TERLALU BERHARAP, JANGAN BICARA TERLALU BANYAK)
-ANONIM-

6. BJ HABIBIE SAID :

©      "SUCCESS IS NOT FOR SMART PEOPLE, BUT FOR THOSE WHO KEEP WORKING HARD"
(KEBERHASILAN BUKANLAH MILIK ORANG YANG PINTAR, TAPI MILIK MEREKA YANG SENANTIASA BERUSAHA)

©      "DO NOT EVER STOP PURSUE YOUR DREAMS ALTHOUGH THEY SEEMS INVISIBLE NOW"
(JANGAN PERNAH BERHENTI MENGEJAR YANG KAMU IMPIKAN MESKI APA YANG DIDAMBA BELUM ADA DI DEPAN MATA)

©      "BE A PERSON WHO ALWAYS READY TO FACE THE CHALLENGES"
(JADILAH PRIBADI YANG SELALU SIAP MENJALANI SETIAP TANTANGAN YANG DATANG PADAMU)


©      "HAVING A BRIGHT FURURE IS NOT EASY BECAUSE IT TAKES SACRIFICE"
(MERAIH MASA DEPAN YANG CERAH TIDAK AKAN DIDAPATKAN DENGAN MUDAH, NAMUN DENGAN PENGORBANAN)

©      "IF YOU ALREADY DECIDE TO MASTER SOMETHING, BE PERSISTENT"
(APABILA KAMU SUDAH MEMUTUSKAN MENEKUNI SUATU BIDANG, JADILAH ORANG YANG KONSISTEN)

©     " KEEN TO BE A PERSON WHO CONTIBUTE TO COMMUNITY"
(BERTEKADLAH UNTUK MENJADI PRIBADI YANG BERGUNA BAGI LINGKUNGAN SEKITAR)

7. "DO NOT BURN YOUR OPPORTUNITIES FOR A TEMPORARY COMFORT"
(JANGAN HILANGKAN KESEMPATANMU UNTUK KENYAMANAN YANG SIFATNYA SEMENTARA)
-@THEGOODQUOTE-

8. "SOMETIMES YOU MUST HURT IN ORDER TO KNOW, FALL IN ORDER TO GROW, LOSE IN ORDER TO GAIN, BECAUSE MOST OF LIFE’S GREATEST LESSONS ARE LEARNED THROUGH PAIN"
(TERKADANG KAMU HARUS TERSAKITI UNTUK MEMAHAMI, JATUH UNTUK BANGKIT, KEHILANGAN UNTUK MENDAPATKAN, KARENA KEBANYAKAN PELAJARAN HIDUP TERBAIK DIDAPATKAN  MELALUI RASA SAKIT)
-@HEARTBEATQUOTE-

9. "YOUR BLESSINGS ARE BIGGER THAN WHATEVER IS STRESSING YOU OUT"
(NIKMAT YANG KAMU RASAKAN SEKARANG ITU LEBIH BANYAK JUMLAHNYA DARIPADA APA YANG KAMU KHAWATIRKAN)
-KAK NUR AZLINA-

10.  "BRING BACK THE FIRE WITH YOU!"
(KEMBALIKAN SINARMU)
-@NIPPLETS-


Kamis, 29 Agustus 2019

INSPIRING PEOPLE AROUND ME


POSTINGAN INI ADALAH SALAH SATU DARI BANYAK HAL YANG MENGINSPIRASI DIRI LYDIA, KHUSUSNYA TENTANG ORANG-ORANG LUAR BIASA YANG DARINYA LYDIA BELAJAR BANYAK HAL, TAHU BANYAK HAL, DAN BERUBAH LEBIH BAIK KEDEPANNYA. INI PENTING KARENA LYDIA PIKIR DENGAN BERTEMU DAN BERGAUL DENGAN ORANG YANG MENGINSPIRASI, TENTU ADA BANYAK HAL-HAL POSITIF YANG MUNCUL DAN MEMBUAT HIDUP JADI LEBIH BERSEMI. CIE ILAH
   DENGAN MENGINGAT HAL-HAL BAIK YANG DILAKUKAN ORANG SEKITAR, MUDAH-MUDAHAN SIH HARAPANNYA BISA JADI REMINDER UNTUK MENGAPLIKASIKAN HAL TERSEBUT SELALU. SO, INSIPIRING PEOPLE AROUND ME, DIANTARANYA YAITU....

1. MY MOM
MY LOVELY MOM

BELIAU BUKAN MAMAK-MAMAK YANG DUKUNG SECARA LISAN DENGAN APA YANG LYDIA LAKUKAN (LEBIH SERING CEMEEH MALAH, WKWK) TAPI I AM SURE THAT SHE ALWAYS PROUD OF ME FOR WHAT I DID. BARANGKALI KALO MUJI ANAK MACAM LYDIA NI NANTI TERBANG TRUS NDAK  BALEK-BALEK LAGI KAN BAHAYAAA (NANTI NDAK ADA PULA LAGI YANG BISA DISURUH BELANJA KESANA KESINI, ANTAR-JEMPUT, JADI TEMEN CURHAT 24/7). DARI BELIAU JUGA LYDIA BELAJAR ARTI KERJA KERAS. IBU SEBELUM NIKAH SIH UDAH KERJA. SETELAH NIKAH BERHENTI KERJA,PINDAH KE SURABAYA DAN PUNYA ANAK, TERUS LANJUT KERJA LAGI PAS LYDIA SMP SAMPAI DENGAN SEKARANG, MEMBANTU MENGHIDUPI KELUARGA. I MEAN... LOOK AT HER, INDEPENDENT WOMAN YANG TETEP TANGGUNG JAWAB SAMA KELUARGA. TERUS.. IBU ORANGNYA SUPEL DAN RAMAH KE SEMUA ORANG. JADI BAWAANNYA HAPPY MULU, POSITIVE VIBES.

2. MY TEACHER AND LECTURERS (BU NOVI,PAK SYARFI,PAK AFRIANTO)
KIRI KE KANAN (PAK SYARFI, PAKAFRIANTO, BU NOVI), MY SUPER ROLE MODEL


©     BU NOVI:GURU KIMIA PAS SMA DI SMANSA DJAYA SEKALIGUS JADI WALI KELAS LYDIA. SELALU NGASIH PETUAH2 DAN CARE GITU. YANG PALING DIINGET NIH, UNTUK ANAK-ANAK YANG MASIH NGGA NGERTI PELAJARAN, BOLEH BELAJAR KE RUMAH BELIAU DAN NDAK DIPUNGUT BIAYA ALIAS GRETONG. TERHARU.LYDIA ADALAH SALAH SATU SISWA YANG SERING REMEDIAL KIMIA DULU. BOLAK-BALIK DIAJARIN, KADANG NGGA MUDENG-MUDENG. MAAFKAN LYDIA, BU NOVI. OH IYA,  TULISAN BELIAU JUGA CANTIK BGT. JADI PANUTAN LYDIA PAS SEKARANG JADI GURU (TAPI TETEUP SUSAH YAA WEE TERNYATA :D). DI TAHUN INI, PETUAH YANG BELIAU SAMPAIKAN SETELAH NGOBROL ADALAH... TENTANG HOW TO MANAGE HOUSEHOLD WITH PATIENCE AND TRUSTWORTHY, BE INDEPENDENT WOMAN, AND BE GRATEFUL OF WHAT I HAVE.

©     PAK SYARFI
DOSEN YANG MINDBLOWING LYDIA SEJAK PERTAMA KALI NGAJAR DI SEMESTER PERTAMA PAS MATA KULIAH STRUCTURE I.LYDIA YANG ZONK GRAMMAR BAHASA INGGRISNYA INI,BISA LANGSUNG PAHAM DAN MENJAWAB SESUATU YANG JADI MISTERI BAHASA INGGRIS DARI DULU DENGAN ILMU DAN WAWASAN BELIAU, JUGA LANGSUNG TERKEJOET DENGAN PEMBAWAAN NGAJAR BELIAU YANG DISELINGIN DENGAN HUMOR (AUTO NGAKAK SAMPE SAKIT PERUT SUMPAH. SELERAKU MEMANG RECEH, SAUDARA2). EITS...MESKIPUN KELIATANNYA NGAJAR NYANTAI SELAW KAYAK DI PANTAI TAPI BELIAU TERMASUK DOSEN KILLER PAS NGAWAS UJIAN DAN NGGA SEGAN-SEGAN BLACKLIST MAHASISWA YANG TERINDIKASI MELAKUKAN PLAGIARISME. HMMM...
OH IYA, LYDIA PRIBADI BEBERAPA KALI NGOBROL DENGAN BELIAU, MOTIVATED, BAHKAN DIBILANGIN GINI PAS KE RUMAH BELIAU MINTA TTD BARENG SENIOR, “KALIAN LIAT YA... LYDIA AKAN KELUAR NEGERI BEBERAPA KALI”PAS TAHUN 2016. EH TERNYATA JADI KENYATAAN. ALHAMDULILLAH SETELAH ITU KE PHILIPPINES, MALAYSIA DALAM RANGKA LOMBA, CAMP, DAN HOLIDAY.WHAT A MAGICAL WORD!

©     PAK AFRIANTO
JUJUR BELUM PERNAH MASUK DI KELAS BELIAU. NEKAT JADI MAHASISWA BIMBINGANNYA KARENA TRACK PENGALAMAN DAN BACKGROUND PENDIDIKAN BELIAU SEBAGAI DOKTOR MUDA. IT IS ONE OF THE BEST DECISION I’VE EVER MADE. NGERASAIN BGT PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM BIMBINGAN SKRIPSI, BUAT PAKE HATI SECARA TOTALITAS DAN TELITI, JUGA BELAJAR BANYAK TENTANG KEPENULISAN. BARU-BARU INI, BELIAU JUGA NYARANIN WHAT I WILL DO AS THE NEXT STEP YHA FOKUS LATSAR, JALANIN AJA DULU, SAMBIL BELAJAR IELTS, IKUT ACARA-ACARA LN (TEFL, CONFERENCE, SEMINAR, DLL) SETELAH LATSAR, DAN JANGAN LUPA NIKAH, BIAR TENANG, WKWKWK. THE BEST QUOTE ON 6TH JULY 2019 : “KALAU KITA NGGA STAY UPDATE, KITA BISA KEHILANGAN APA YANG SUDAH KITA PUNYA”. SEMANGAT, LYD!

3. MY SISTERS (MBAK EVA, MBAK EMA)
KIRI KE KANAN (PRINCESS LYDIA, MBAK EVA, MBAK EMA), MY AWESOME SISTERS

     MEREKA BUKAN KAKAK KANDUNG DING, LYDIA MAH ANAK SULUNG. NAH, KETEMU MEREKA BERDUA ITU SEJAK LULUS CPNS. DI BULAN MARET 2019, KITA RESMI TINGGAL 1 ATAP SEBAGAI GURU DI SUATU SEKOLAH NEGERI BERLOKASI DI DESA PERBATASAN RIAU-SUMUT.AWALNYA LYDIA DEG-DEGAN. BISA BERTAHAN HIDUP NGGA NIH DI KAMPUNG ORANG? BISA SURVIVE NGGA? BISA BETAH NGGA? SECARA KAAN INI TEMPATNYA LITERALLY NEW FROM MY PREVIOUS LIFE, TERUS BUKAN SEHARI DUA HARI, EVEN LEBIH LAMA DARIPADA KKN DULU. THOSE INSECURITIES, ANXIETIES, BAD FEELINGS GRADUALLY HILANG, SEDIKIT BANYAK KARENA ADANYA MBAK-MBAK INI. SEBAGAI BACKGROUND HIDUP, LYDIA DARI BAYIK LAHIR DI SURABAYA, PINDAH KE JKT, MEDAN, SAMPAI PEKANBARU DAN TINGGAL BARENG ORTU DI UMUR 23 TAHUN. WALAUPUN UDAH SERING BANGET DILEPAS ORANGTUA UNTUK PERGI SENDIRI UNTUK CAMPING, HIKING,IKUT LOMBA KELUAR KOTA SAMPAI LN, KKN JUGA. BUT STILL.... INI BENER-BENER MENGABDI SAMA NEGARA FOR THE REST OF MY LIFE IN A PLACE THAT I NEVER IMAGINE. SINGKATNYA, ANGGAP AJA TEMPATNYA KAYAK KKN. KURANG LEBIH YHAA BEGITU. 

       BEDANYA, KLO KKN... PERAN KITA ADALAH MAHASISWA, DIANGGAP MASIH “ANAK-ANAK”, KALO SEKARANG... PERAN KITA ADALAH GURU : IDENTIK DENGAN WIBAWANYA, MARTABATNYA, PENDIDIKANNYA. NAH, ALHAMDULILLAHNYA, MBAK-MBAK INI NGGA KAYAK LYDIA YANG LEVEL KEMANDIRIANNYA MASIH REMAH-REMAH RENGGINANG. MBAK EVA DAN MBAK EMA INI SUDAH MERANTAU SEJAK SMP DAN SMA,BAHKAN SEMPAT IKUT PROGRAM PPG DI PAPUA SELAMA SETAHUN.SUDAH PAHAM KAN? NGGA PENGEN EXCUSE TAPI BEGINILAH ADANYA. SEBAGAI YANG PALING MUDA DIANTARA KAMI BERTIGA, PALING MUDA JUGA DIANTARA PARA GURU SATU SEKOLAH, JELAS SEORANG LYDIA DIHARUSKAN BANYAK-BANYAK BELAJAR. BANYAK SEKALI “PR” YANG HARUS DIKERJAKAN, HAL YANG JUGA HARUS DIBENAHI DI DIRI SENDIRI JUGA. HARUS BERCERMIN PADA ORANG YANG LEBIH DEWASA UMUR DAN MENTALNYA SEPERTI MBAK EVA DAN MBAK EMA YANG CANTIK, INDEPENDEN, DISIPLIN, PANDAI MASAK DAN SHALEHAH. SEBISA MUNGKIN MEMANG APA-APA NGERJAIN SENDIRI. ITU YANG BERULANG KALI DIAJARIN MBAK-MBAK INI. MULAI DARI ANGKAT GALON, PASANG GAS LPG, PASANG LAMPU, NYUCI BAJU PAKE TANGAN, NGECAT, MASAK, TAPI TETEUP HARUS BISA TAMPIL CANTIK SEBAGAI IBU GURU WKWKWKWK.  I AM SO THANKFUL TO HAVE THEM AS PART OF MY LIFE.

4. MY FRIENDS (JONI, AWE, YANTI, DITA)
TO  BE HONEST,LYDIA NGGA TAU MULAI DARIMANA SAKING BANYAKNYA HAL YANG UDAH DILEWATI SAMA-SAMA DENGAN MEREKA, PAHIT MANISNYA, BERJUANG BARENG, MENYAKSIKAN PERTUMBUHAN SATU SAMA LAIN ITU DUH RASANYA KOK KAYAK...”KITA UDAH GEDE BANGET YA? UDAH BISA AMBIL KEPUTUSAN SENDIRI? UDAH BISA NGELAKUIN SEMUANYA SENDIRI”. SECARA NGGA LANGSUNG, TEMENAN SAMA MEREKA JADI BUAT LYDIA SADAR KALAU THEY INSPIRE ME A LOT AS THE WAY THEY ARE. INSPIRASI YANG BAGAIMANA?  

à        JONI DAN AWE

KIRI KE KANAN (JONI, AWE, LYDIA), MY PARTNER IN CRIME

DUA LELAKI INI BENER-BENER NGAJARIN LYDIA ARTINYA HARD WORK, PUNYA BANYAK AKAL, DAN JUGA PUNYA NYALI! BAYANGIN, DALAM RANGKA LOMBA, PERGI KELUAR KOTA DAN LUAR NEGERI PERTAMA KALI BARENG MEREKA, NGURUS PROPOSAL DAN NGELEWATIN BIROKRASI BARENG, DAN ENJOY JOURNEY BARENG (NANGIS DAN KETAWA SAMA-SAMA). KITA PERNAH DI TITIK PENGEN GALI LOBANG SENDIRI SAKING FRUSTASINYA, TAPI SOMEHOW BISA TERLEWATI. GILAK BANGET SIH KALO DIINGET-INGET. BISA-BISANYA NGELAKUIN ITU SEMUA BARENG-BARENG WHICH IS LEBIH BANYAK BERANTEMNYA DARIPADA AKURNYA, HAHAHAHA. OH IYA, AWE SEKARANG SEDANG DALAM PROGRAM INDONESIA MENGAJAR DI SULAWESI, SEDANGKAN JONI DALAM PROGRESS BEASISWA LPDP. UWUWU KEREN BATT.

à        YANTI
INSPIRING BEST FRIEND

TEMEN SATU GENG KAMPUS YANG MASYA ALLAH.KAGUM BANGET SAMA YANTI.ANAK SULUNG YANG BERBAKTI SAMA KELUARGANYA, KERJA KERAS JUALAN ONLINE DAN PULSA DARI DULU, SAMPE BISA BELIKAN MAMAKNYA MESIN CUCI, BELIKAN ADIKNYA HP BARU. TERHARU SAMBIL BERKACA SAMA DIRI LYDIA YANG JUGA SEBAGAI ANAK SULUNG TAPI BELUM BISA NGASIH APA-APA KE ORANGTUA DAN BELUM BISA BALAS JASA ORANGTUA. NAH, SELAIN ITU, YANTI INI PERAIH BEASISWA BIDIKMISI YANG PALING CEPET LULUS KULIAHNYA DIANTARA KAMI SATU  GENG BERENAM. KALO NGOMONG SAMA YANTI TU RASANYA SELALU AJA INGET BANYAK HAL YANG HARUS KITA SYUKURI DAN PANTANG MENGELUH, ALHAMDULILLAH.

à        DITA
UWUWU..... MY CUTE TWIN FROM ANOTHER MOTHER!! 

ANAK FSRMM YANG PALING DEKET SAMA LYDIA. YANG BUAT KAMI DEKET ITU YHAA KARENA KARAKTER KITA TU SAMA = SAMA-SAMA NYELENEH, ANTI-MAINSTREAM, HAHAHA. DITA, DENGAN MULTI-TALENT NYA : BISA NULIS WEB, EDIT VIDEO, MENJAHIT, BERKUDA, SUKA BACA BUKU, SUKA BENDA-BENDA LUCU UNYU MENGGEMASKAN, SUKA BELANJA,SUKA JAJAN,SUKA DUNIA SKIN CARE, SUKA FOTOGRAFI, SUKA BELAJAR BANYAK HAL. PALING EKSPRESIF JUGA DALAM NGUNGKAPIN APAPUN. OMG. DITA AMAZIIING. EH NOVEMBER NANTI DITA BAKAL NIKAAAH. SYENENG DENGERNYAAA. SEMOGA JADI ISTRI SHALEHAH YAA DIT, AAMIIN. SALAM SAYANG, LYDIA KUSDYANTI IASYA.

MASIH BANYAK LAGI ORANG-ORANG LUAR BIASA DAN HAL DILUAR SANA YANG MENGINSPIRASI, DIANTARANYA MEREKA YANG LYDIA SEBUTKAN TADI. SEMOGA KITA BISA SALING BELAJAR WALAUPUN KALIAN NGGA KENAL ORANGNYA.HEHEHE. SEMOGA SEHAT SELALUU SEMUANYA, JANGAN LUPA BAHAGIAAAA.



BUKIT DAMAR, 29 AGUSTUS 2019


Senin, 22 Juli 2019

6 PELAJARAN HIDUP DARI FILM TOY STORY 4



Kita tidak perlu mencicipi semua kegagalan yang ada karena dengan belajar dari pengalaman kegagalan orang lain, kita bisa mengambil hikmahnya untuk diri kita. Begitu pula halnya dengan sesuatu yang baik pada diri orang lain dapat kita teladani dan aplikasikan dalam hidup kita. Tak perlu melulu dengan hal yang wow, bahkan dengan film yang kita tonton, misalnya film toy story 4 yang rilis pada juni lalu mengandung hal-hal implisit yang baik untuk kita lakukan. Apa sajakah itu ?

1.     Membantu tanpa pamrih
Dari scene awal, woody sebagai sheriff dan seorang ketua berupaya untuk mempertahankan eksistensi semua mainan yang ada di rmh bonnie, mendukung forky (mainan garpu pendatang baru) yang sukses mencuri perhatian bonnie, membuat bonnie kelimpungan jika tak bersama forky. It is like.... make me cry when you help people and it is okay if they don’t know you even if no thank as return. Karena life must go on. Woody tetep menjalani kehidupannya dan juga akan menemui takdirnya sendiri. Helping tadi Cuma sekelumit kisah perjalanan. Berbuat baiklah selagi bisa.

2.     Overthinking is not good but funny
 Ini adegan yang paling lydia suka. Ketika dua boneka mikir keras cara buat dapetin kunci lemari : mulai dari cara barbar, ambil paksa, sampai sabar banget ngikutin nenek pemegang kunci sampai ke rumah, eh ternyata mereka bisa dapetin dengan gampang – si nenek Cuma ngeletakin kuncinya gitu aja di rak. Wkwkwk. See? Sometimes no need to do overthinking even takutnya malah ngga jadi action, kelamaan mikir.

3.     Teamwork
Tanpa kerjasama tim yang jemput forky dan tim yang standby di mobil, this film won’t go to happy ending. Drama banget tapi seru. Intinya sih harus ada kata percaya, put effort dan keep solid.

4.     Percaya dengan ketua
 Ada adegan dimana woody main tunggal. Pressure dari bonnie yang udah nyampe di toko barang antik, dan pengen segala sesuatunya serba cepat serba kelar. Pengen cepat ambil forky  dan ngasih ke bonnie tanpa ngikutin kesepakatan awal yang sudah dibuat boo. Daaan yah karena buru-buru malah jadi boomerang untuk woody bahkan membahayakan orang lain. Hampir aja mereka ketangkap ajudan gabby (boneka jahat yang menginginkan kotak suara woody). So, intinya.... spontanitas memang perlu tapi try to stick with the rules first, trust on your chairman too. Karena dia yang paling paham kondisi di lapangan dan it is responsibility of the chairman juga, jadi kalo ada apa2, kan ketuanya juga yang repot.

5.     Be yourself, trust your inner voice
Ada tokoh yang namanya kabum (pengendara motor dari kanada). Dumped by rejaan (pemiliknya) hanya karena ngga lompat setinggi di commercial break aka iklan. Kabum, ketika dibutuhkan timnya, awalnya dia takut, but he wanna prove that he can, dia gas aja, coba aja, mencoba jadi dirinya sendiri, pengendara yang bisa lompat 12 meter. Ofc ini Cuma film animasi, but still,.. please do not betray yourself dengan bilang ngga bisa dan ngga mampu. You strong and you can. Itu yang mau disampaikan film ini.

6.     People may come and gobut the best will stay
 Dimulai dari flashback awal bo yang pindah, lalu setelah 7 tahun terpisah baru dipertemukan kembali secara tak sengaja. Ketika bertemu, banyak hal terutama kemampuan bo dalam mengkoordinir wilayahnya meningkat dengan baik. See? Jadi dimanapun kita berada, make sure we grow up. Lalu at the end, woody ngga sama-sama lagi dengan buzz, kepemimpinan dialihkan ke jessie dan woody memilih untuk bersama bo. Semua pihak kayak rela dan ikhlas gitu because trust the choice. Because they are best friends and that’the point of friendship. I mean.. look at them.
-           They fight for love : following bo
-           Choose to move karena more kids will be entertain later. While at boonie house anaknya sebiji doang.
so, please choose your happiness: ke tempat dimana org2 neeed you the most, bisa contribute lebih banyak. Semangat untuk para pejuang kehidupan!