Jumat, 30 Agustus 2019

MENYULAM MENGAJARKAN SAYA UNTUK.....



Halo semuanya! Assalamualaikum...

 Di tahun 2019 ini, Lydia punya hobi baru yang sebenarnya udah lamaaa kepengen banget untuk dilakuin tapi baru kesampaian sekarang. Yup! Menyulam. It sounds rustic, vintage, retro, doesn’t it? Sounds weird too because usually it has been done by elder people, wkwkwk. Well... I don’t care. Some people said it is useless, but as long as it is something that makes you happy, DO WHAT YOU GOTTA DO. For me, menyulam mengajarkan Lydia untuk...

§    Sekali niat terpatri, laksanakan, lalu bersabarlah!







Huhu, ngga kebayang udah berapa lama ngerjainnya. Berhari-hari. Ngga terhitung juga berapa kali benangnya kusut dan mengikhlaskan diri untuk kembali ke awal dan harus mulai ulang lagi, berapa kali jarumnya salah masuk lubang, berapa kali bongkar karena warnanya ngga pas. Riweuh tapi seruuu...! duh pas udah kelar tu kok rasanya pengen buat lagi dan lagi~ Inikah yang namanya cinta ? hahaha. Menyulam, artinya harus punya stok sabar yang buanyak. Ngelatih untuk selalu menambal hati yang mencelos tiap ada rintangan, pantang mundur dan harus setrong untuk ngelawan rasa malas yang seringkali hinggap dan berujung kemageran akut, wkwkwk. Ibarat pelaut, sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai. Kalo udah diniatin, lakuin, konsisten, jangan nyerah walau badai mager itu datang. Pokoknya...menyulam wajib dicoba bagi kamu yang suka tantangan!

§    Mampu beradaptasi

 Dalam proses menyulam,  meskipun ada panduan/guidance-nya, terkadang dalam pengaplikasinnya itu kurang pas. Misalnya jaraknya terlalu dekat, bidangnya kurang lebar, warnanya ngga cocok, terlalu rame, dan masih banyak lagi. Kalau sudah begini, yang dituntut dari penyulam adalah kelihaian untuk beradaptasi, mampu menyesuaikan dengan kenyataan yang ada. Widiiiih ngeri udah bahasanya. Wkwkwk. Maksudnya tuu yhaa kita harus bisa modifikasi sendiri asalkan masih indah dipandang mata. Penambahan dan pengurangan dalam hasil sulaman menjadi hal yang dapat dilakukan demi kreativitas tanpa batas.






     Belajar sabar, kerja keras, dan mampu beradaptasi. Itu dia hal-hal yang menurut Lydia bisa kita jadikan pelajaran dari menyulam. Selamat mencoba! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar